Yuk Ajarkan Tata Krama Ini Pada Anak

Yuk Ajarkan Tata Krama Ini Pada Anak

No Comments on Yuk Ajarkan Tata Krama Ini Pada Anak

Dibalik sikap lucu dan lugunya anak-anak, sopan santun dan tata karma juga sangat penting untuk diajarkan pada anak sejak dini. Ketrampilan social ini akan membuat anak memiliki rasa percaya diri dan sukses dalam kehidupannya.

Apa saja tata karma yang perlu dimiliki oleh anak-anak? yuk ajarkan tata karma ini pada anak.

  1. Mengucapkan “Tolong” dan “Terimakasih”

Biasakan kepada anak-anak untuk berkata “tolong” ketika mereka ingin meminta bantuan dan mengucapkan “terimakasih” jika telah dibantu atau diberikan sesuatu.

  1. Mengucapkan “Permisi” Dan “Maaf”

Anak-anak seringkali menabrak sesuatu ketika ia sedang bermain, berlarian atau bersendawa karena kembung atau kenyang. Tentu saja hal ini tidak sengaja mereka lakukan, namun, ajarkan anak untuk mengucapkan “maaf” setelah melakukan hal tersebut.

Dan ajarkan anak untuk berkata “permisi” saat akan lewat di tengah-tengah banyak orang.

  1. Tidak Mengatakan Hal yang Tidak Enak Mengenai Makanan

Dalam hal makanan mungkin anak-anak memang sedikit pemilih. Terkdang tidak semua makanan terlihat menarik atau tidak terlihat enak. Anak perlu diajarkan untuk tidak mengatakan hal tidak enak pada makanan. Coba katakana pada si kecil “cobalah dulu, kamu akan menyukainya”

  1. Tidak Menyela Pembicaraan

Anak-anak pasti ingin menjadi pertama dan ingin selalu di dengar dan diperhatikan. Jika anak belum mendapatkan perhatian itu, mereka akan memanggil berulang-ulang sampai kita menoleh.

Untuk hal ini katakana pada anak “sayang, ibu sedang berbicara dengan orang lain, tunggu sebentar ya”. Dan biasanya mereka akan mngerti.

  1. Merapikan Kembali Mainan Yang Telah Digunakan

Memang sedikit sulut untuk mengajarkan anak kebiasaan rapih. Jika ia terbiasa berantakan dirumah, tentu saja kebiasaan itu akan terbawa.

Nah untuk mengatasi hal ini, buat lah permainan dengan memberikan satu poin jika si kecil merapikan mainan, atau kamarnya. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah setiap akhir pecan, misalnya ditukarkan dengan cemilan kesukaannya, stiker, atau benda bermanfaat lainnya.

>>Modal cuma 500ribu, untung 2x lipat, sebulan bisa dapat >50juta bersih! Ayo jadi agen pelancar ASI ini!

 

  1. Merapihkan Alat Makan

Sejak dini, usahakan untuk mengajari si kecil membawa piring bekas makanannya dari meja ke tempat cuci piring. Hal ini akan melatih kebersihan, kerapihan, dan kedisiplinan serta sikap gotong royo pada keluarga.

  1. Sikap Menolong Orang Lain

Sikap tolong menolong ini bisa kit ajarkan pada anak dari mulai hal yang paling sederhana. Misalkan membukakan pintu bila ada tamu, atau mengangkat telpon saat kita tidak sempat.

Anak-anak paling malas melakukan kedua hal tersebut jika mereka sedang melakukan sesuatu9 yang mengasyikkan. Untuk melatihnya, mulailah dengan cara memuji orang lain (missal kakaknya) yang membukakan pintu untuk orang lain.

About the author:

Related Posts

Leave a comment

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)