6 Tips Mengurangi Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

6 Tips Mengurangi Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Comments Off on 6 Tips Mengurangi Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Saat hamil bunda pernah tidak, nyeri dibagian pinggang? sebagian bunda yang ngalamin pasti tau rasa nyerinya itu kayak apa hehe, memang rasa nyeri dibagian pinggang untuk sebagian bumil adalah hal yang wajar, hal yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan ukuran rahim yang membesar, meningkatnya hormon dan meningkatnya berat badan bunda.

Hal ini memang tidak bisa diatasi sepenuhnya, bunda hanya bisa menguranginya dengan beberapa tips alias cara kiat agar nyeri dipinggang bumil dapat berkurang, sebagai berikut:

  1. Rutin olahraga ringan

Lakukan olahraga kecil yang teratur saat anda sedang hamil seperti jalan keliling sekitar rumah khususnya di pagi hari, hal ini membuat pikiran anda menjadi lebih segar udara pagi yang sejuk bagus untuk kesehatan bunda dan bayi, ikut kelas yoga khusus ibu hamil atau berenang, berenang adalah olahraga yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, karena dengan olahraga ini dapat meringankan tekanan pada beberapa saraf tubuh bunda.

  1. Biasakan dengan pola makan yang sehat

Saat hamil banyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi khususnya kalsium karena saat menjadi bumil, tulang-tulang pada tubuh bunda memerlukan asupan kalsium yang lebih banyak, selain konsumsi makanan yang kaya akan kalsium bunda juga harus menjaga asupan cairan, paling tidak bunda minum air putih 8 gelas perhari

  1. Perhatikan dan perbaiki postur tubuh

Seiring berjalannya waktu, janin didalam perut bunda akan terus tumbuh dan berkembang hal ini menyebabkan postur tubuh bunda juga akan berubah, panggul bunda akan semakin tertekan, oleh sebab itu sedapat mungkin berdirilah dengan tegak agar beban pada tulang belakang berkurang, duduk dalam posisi tegak (sebaiknya punggung ditopang bantal), hindari menyilang kaki saat duduk, tekuk terlebih dahulu lutut ketika hendak ingin mengangkat barang dari lantai (jangan mengangkat beban berat), jangan pakai sepatu hak tinggi.

  1. Posisi tidur

Hindari tidur terlentang saat hamil, selain posisi ini tidak nyaman juga tidak baik untuk bunda dan bayi. Tidurlah dengan posisi miring dan letakkan bantal diantara lutut untuk mengurangi ketegangan yang ada pada panggul dan punggung bawah bunda agar posisi tidur bunda nyaman, bila terasa sakit dekatkan bantal hamil pada punggung bunda untuk mengurangi tekanan pada pinggang, pakailah bantal hamil U.

  1. Berendam atau kompres dengan air hangat

Berendam dengan air hangat atau meletakkan botol berisi air hangat dipinggang bunda, bisa juga kompres menggunakan es atau air dingin hal ini dapat mengurangi nyeri yang bunda rasakan.

  1. Pijat lembut perlahan

Hal ini dapat mengurangi nyeri dan membuat ibu hamil lebih rileks, bunda bisa minta bantuan suami atau terapis terlatih untuk memijat punggung bunda, lakukan pijatan ringan ini dengan hati-hati, lembut dan perlahan.

Bila perlu lakukan akupuntur dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan apabila anda merasa tidak tahan lagi dengan rasa nyeri yang dialami, bunda bisa minta resep obat ke dokter untuk menghilangkan rasa nyeri, karena beberapa obat malah tidak baik dan berdampak buruk untuk bumil.

Meskipun hal ini adalah hal yang wajar, tetap jangan anggap remeh, bila sakit pinggang yang dirasa disertai dengan nyeri diarea panggul bunda, khususnya sebelum minggu ke 37 masa kehamilan anda, segera konsultasikan ke dokter bunda.

Jaga kesehatan selama hamil, melahirkan hingga menyusui. Sedapat mungkin selalu konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan gizi nutrisi dan vitamin, khususnya saat menyusui selain dari sisi gizi yang terkandung dalam makanan, pastikan juga dapat membantu dalam proses menyusui seperti ASI Booster Tea, kandungan bahan herbalnya dipercaya oleh jutaan Ibu Menyusui dalam memperlancar dan melimpahkan ASI hingga 900%

Info seputar hamil dan menyusui bisa buka web resmi kami di www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)