Apa penghambat IMD?

Apa penghambat IMD?

Comments Off on Apa penghambat IMD?

11 Pendapat yang Dapat Menghambat IMD

  1. Khawatir bayi mengalami hipotermia/kedinginan.

Hal ini tidak benar karena bayi berada dalam suhu yang aman jika melakukan kontak kulit dengan Mama. Jika bayi yang diletakkan di dada Mama ini kepanasan, suhu dada Mama akan turun 1o C. Jika bayi kedinginan, suhu dada Mama akan meningkat 2o C untuk menghangatkan bayi. Jadi, dada Mama yang melahirkan merupakan tempat terbaik bagi bayi yang baru lahir. Selain itu, hipotermia dapat dihindari bila bayi dilahirkan dilingkungan dengan suhu sekitar 25 – 28o C. Kemudian, saat IMD, sebaiknya kepala bayi ditutup dengan topi sementara badannya diselimuti sehingga bayi tak kedinginan kala merayap di dada Mama.

  1. Khawatir si kecil sulit bernapas.

Ini karena bayi berada pada posisi tengkurap selama sekitar satu jam. Padahal, bayi dapat menjaga agar hidungnya tidak tertutup yaitu dengan memiringkan kepalanya sehingga tak mengalami sulit napas. Ya, ia dapat mengangkat kepalanya dan menggeser kepalanya mendekati puting susu Mama.

  1. Mama masih merasa lelah dan sakit usai persalinan.

Umumnya Mama merasa lelah dan sakit karena baru saja melahirkan. Di sisi lain, Mama masih harus menjalani tindakan penjahitan perineum. Tapi dengan niat yang kuat akan penting IMD, Mama pasti akan mengusahakan si kecil untuk “merangkak” di perut hingga mencapai puting payudara. Selain itu, ciptakan suasana yang nyaman, penuh dukungan keluarga, terutama dari suami saat mendampingi istri di kamar bersalin.

  1. Tenaga kesehatan kurang tersedia.

Hal ini tidak benar karena saat bayi di dada Mama, penolong persalinan dapat melakukan tugasnya. Bayi dapat menemukan sendiri payudara Mama. Papa atau keluarga terdekat Mama dapat menjaga bayi sambil memberikan dukungan pada Mama.

  1. Kamar bersalin atau kamar operasi sibuk.

Hal ini tidak benar karena dengan bayi di dada Mama, Mama dapat dipindahkan ke kamar perawatan untuk member kesempatan pada bayi meneruskan usahanya mencari payudara dan menyusu dini.

  1. Luka Mama harus dijahit.

Hal ini tidak benar karena kegiatan bayi merangkak mencari payudara Mama terjadi di area payudara. Sedangkan yang dijahit adalah bagian bawah tubuh Mama.

  1. Suntikan vitamin K dan tetes mata harus segera diberikan.

Menurut American Collage of Obstetrics and Gynecology and Academy Breastfeeding Madicine 2007, tindakan ini dapat ditunda setidaknya satu jam sampai bayi mampu menyusu sendiri tanpa membahayakan bayi.

  1. Bayi harus segera dimandikan, ditimbang dan diukur.

Hal ini tidak benar karena menunda memandikan bayi berarti menghindarknan hilangnya panas pada badan bayi. Bayi dapat dikeringkan setelah lahir.

  1. Bayi kurang siaga.

Hal ini tidak benar karena pada 1—2 jam pertama kelahiran bayi sangat siaga. Setelah itu bayi tidur dalam waktu lama. Jika bayi mengantuk akibat obat yang diasup Mama, maka kontak kulit dengan kulit lebih penting lagi karena bayi membutuhkan bantuan lebih untuk bonding.

  1. Kolostrum tidak keluar.

Hal ini tidak benar karena kolostrum cukup dijadikan makanan pertama bagi bayi baru lahir. Bayi dilahirkan dengan membawa bekal air dan gula yang dapat digunakan pada saat itu.

  1. Kolostrum tidak baik.

Hal ini tidak benar karena kolostrum sangat diperlukan dalam tumbuh kembang bayi. Selain sebagai imunisasi pertama dan mengurangi kuning pada bayi baru lahir, kolostrum mematangkan dinding usus bayi baru lahir.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)