Coklat tidak baik bagi Busui

Coklat tidak baik bagi Busui

Comments Off on Coklat tidak baik bagi Busui

Siapa yang tak suka coklat? Rasanya yang manis dan dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk olahan makanan. Mulai dari permen, cake, minuman dan bahkan camilan untuk mengisi waktu senggang kita. Coklat juga digemari mulai dari berbagai kalangan usia, dari anak kecil hingga orang dewasa, tidak jarang juga ibu hamil dan ibu menyusui tidak dapat menolak godaan coklat.

Cukup banyak perdebatan mengenai boleh atau tidak ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi coklat. Coklat dikatakan memiliki kandungan cafein yang dapat mengganggu si bayi. Sebenarnya kandungan dalam coklat ini disebut dengan Theobromine yang memiliki efek sama dengan cafein. Namun ada juga produk coklat olahan yang memiliki kandungan cafein tambahan.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa ibu menyusui dilarang mengkonsumsi Teh, Kopi, Coklat dan lain lain. Sebenarnya boleh saja kita mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung cafein dan theobromin selama kadar konsumsi kita tidak melebihi batas. Karena jika sudah melebihi batas, kandungan tersebut akan dirasakan juga efeknya oleh si bayi.

Kandungan dan takaran kafein atau theobromin yang dianjurkan tidak lebih dari 200 Mg atau setara dengan dua cangkir kopi instan. Sedangkan untuk coklat rata rata mengandung 25-50 Mg dalam satu bungkus. Untuk minuman lain yang mengandung kafein seperti soda, teh dan kopi memiliki kandungan kafein 40-100 Mg dalam satu kemasan.

Nah sudah cukup jelas kan penjelasan tentang takaran yang dianjurkan untuk konsumsi kafein dan theobromine yang ada dalam coklat dan kopi? Sekarang kita bahas mengenai dampak yang mungkin terjadi pada si kecil yang mendapat asupan kafein dan theobromine

  1. Gangguan Pola Istirahat.

Seperti kita ketahui, kafein dapat memberikan efek segar kepada tubuh kita meskipun hanya bersifat sementara. Cukup membantu bagi kita yang sudah dewasa, tapi bagaimana dengan bayi? Pencernaan bayi yang belum sempurna tidak dapat menerima kafein seperti tubuh orang dewasa. Sehingga dapat menimbulkan gejala pusing, sakit perut dan gangguan pola istirahat. Bayi pada umumnya sangat sensitive terhadap jam istirahat yang terbentuk secara alami. Tidak terlalu berbahaya memang, namun dapat mengganggu aktivitas lainnya yang dapat dilakukan ketika bayi tertidur.

  1. Bayi menjadi Rewel

Efek samping lain dari kafein yang sebenarnya juga terkait dengan gangguan pola istirahat adalah bayi menjadi rewel. Hal ini berkaitan dengan jam istirahat bayi yang terganggu karena ada efek kafein yang diterima oleh bayi. Untuk bayi yang cukup sensitif, ketika jam tidurnya terganggu maka bayi akan menjadi lebih rewel dari biasanya.

Untuk itu perhatikan kandungan makanan yang kita konsumsi, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Demi kebaikan si bayi juga kan bun, tidak ada salahnya mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi kafein selama masa menyusui dan hamil. Jika kita ingin memilih makanan dan minuman untuk menemani Tea Time atau waktu santai kita, pastikan makanan dan minuman kita aman bagi ibu dan bayi. Makanan dan minuman seperti apa yang cocok untuk menemani Tea Time bumil dan busui? Pertama tentunya harus jelas kandungan gizinya, karena kita memerlukan gizi yang baik dan lengkap untuk kesehatan si bayi dan juga ibu. Yang kedua usahakan makanan dan minuman bunda saat Tea Time juga dapat membantu memperlancar ASI, sehingga selain bunda mendapatkan waktu untuk Tea Time, asupan asi untuk si bayi juga terjamin lancar

Makanan dan minuman apa yang cocok untuk menemani Tea Time ibu hamil dan menyusui? Untuk makanan dan minuman sebagai teman santai atau Tea Time, bunda jangan lupa memperhatikan sisi gizi yang terkandung di dalamnya. Pastikan juga dapat membantu proses menyusui atau memperlancar asi. Salah satu contohnya ASI Booster Tea, dengan kandungan bahan herbal yang tidak mengandung cafein dan Theobromine, ASI Booster Tea dapat membantu memperlancar ASI. ASI Booster Tea juga dapat dicampur dengan madu atau dijadikan minuman olahan lain yang sesuai dengan selera untuk Tea Time Bunda.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)