Ini… Kebutuhan Air Minum Untuk Ibu Hamil Menyusui

Ini… Kebutuhan Air Minum Untuk Ibu Hamil Menyusui

Comments Off on Ini… Kebutuhan Air Minum Untuk Ibu Hamil Menyusui

5

Ibu Hamil

Air memiliki proporsi yang besar untuk tubuh, perannya yang sangat penting membuat kita harus menjaga ketersediaannya dalam tubuh, orang dewasa kira-kira 60-70% tubuh terdiri dari air, bayi sekitar 80% bahkan semasa janin masih dalam kandungan, air di tubuhnya 90%, sebegitu pentingnya air bagi tubuh manusia, terutama dalam kehamilan, konsumsi air yang dibutuhkan oleh ibu hamil, setidaknya harus terpenuhi sebanyak 2,4 liter atau 8-10 gelas/hari. ketersediaan air dalam tubuh harus benar-benar dijaga.

Kebutuhan air selama masa kehamilan meningkat agar dapat mendukung sirkulasi janin, produksi cairan amnion dan volume darah yang meningkat

Menurut F. Batmanghelidj, M.D., seorang peneliti, penulis, dan konsultan pengobatan, dalam bukunya, Your Body’s Many Cries for Water dan Water for Health, for Healing, for Life,  di awal-awal pertumbuhannya,  janin membutuhkan banyak air. Setiap kali sel ibu memberikan pertumbuhan pada sel janin, 75% atau lebih volume sel, harus diisi dengan air. Oleh karena itu, pertumbuhan janin sangat bergantung pada ketersediaan cairan.

2

Kita harus menjaga asupan cairan dan makan kita khususnya untuk ibu hamil dan Perlu diwaspadai pemilihan air minum pada ibu hamil karena zat-zat toksik, misalnya timbale, dapat menyebbakan aborsi spontan serta gangguan perkembangan saraf pada janin. Pencemaran air minum pada ibu hamil telah menjadi masalah yang cukup penting. selain cermat memilih air minum konsumsi jus buah atau sayur disarankan dalam keadaan segar atau beberapa menit setelah proses pembuatan. Terlalu lama menyimpan jus buah dan sayuran dapat menghilangkan nutrisinya, sehingga tidak memberikan manfaat bagi tubuh

3

Ibu Menyusui

Menurut penelitian, The Institute of Medicine menyatakan jika konsumsi air yang dibutuhkan oleh wanita menyusui, setidaknya harus terpenuhi sebanyak 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari. oleh karena itu, ibu menyusui harus terus didorong untuk bisa mendapatkan asupan cairan minum yang cukup.

Salah satu peneliti juga menyarankan metode minum air, segelas setelah makan dan segelas setiap kali selesai menyusui. Hal ini dilakukan supaya wanita menyusui tidak lupa dengan jumlah kuota minimal air yang harus dikonsumsi setiap harinya. Wanita menyusui wajib mendapatkan asupan cairan lebih banyak dengan kandungan gizi yang seimbang.

Cairan yang dibutuhkan oleh tubuh ini, tidak hanya dari air putih, bisa melalui beberapa makanan yang dikonsumsi mengandung sebanyak 20 %  cairan dari keseluruhan asupan cairan tubuh, sedangkan untuk sisanya sendiri, barulah bunda penuhi lewat air putih secara langsung. bisa juga ditambah dengan memberikan beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik untuk menambah jumlah asupan cairan tubuh, seperti air kelapa, tomat, jeruk, jus buah, jus sayur, susu, kuah sup, dan lain-lain, Hindari minuman bersoda dan berkafein.

Ingat mom, minumlah air sebelum benar-benar merasa haus, karena secara otomatis tubuh justru sudah mengalami hipovelemia ringan, bumil dan busui minum air putih bukan karena untuk menghilangkan dahaganya melainkan karena kebutuhan.

4

Jika ibu cukup minum maka akan berpengaruh terhadap kualitas ASI yang baik pula. Lalu bagaimana cara melimpahkan ASI? cek di sini

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)