Jangan salahi aturan MPASI dini!

Jangan salahi aturan MPASI dini!

Comments Off on Jangan salahi aturan MPASI dini!

Oleh : fahmi nurul akbar

Terjadi lagi, dan lagi..!
Malfungsi pencernaan dan prosesnya karena ‘budaya’, karena adat kebiasaan turun temurun dimana bayi yang masih sangat belia, baru beberapa hari sudah dicekoki dot, kemudian ‘jadi kasus’. Nah, kasus sekarang yang ini diberi makan pisang (Mpasi Dini).

Dampak Mpasi Dini

Kasus Mpasi Dini

Celakanya ini bukan satu dua kali terjadi. Dari yang masuk berita saja, saya dengar lebih dari sepuluh. Belum hilang ingatan beberapa hari lalu bayi seorang kerabat yang tidak terselamatkan, karena bidannya kasih sufor lewat dot, tersedak, masuk paru-paru, sekarang terjadi lagi! Kronologisnya seperti yang sudah-sudah, yang ini karena pisang.

Lain lagi cerita cucu mantan presiden RI tempo hari itu, dedek bayi yang imut harus merasakan jarum infus karena infeksi saluran pencernaan, indikasinya sama, juga karena MPASI dini.

Mengapa 6 bulan…???

Oke. Terpaksa kami ulas lagi meskipun hanya secara singkat :

1.      Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit.

Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis, bla bla bla …

2.      Saat bayi berumur 6 bl  keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI.

Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bulan.

3.      Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan

Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum siap utk kandungan dari makanan luar. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.

4.      Menunda pemberian MPASI hingga 6 bulan melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum sempurna.

Sudah banyak kasus yg ekstrem dengan tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Rasa turut berbelasungkawa, simpati mendalam serta doa kami panjatkan teruntuk para keluarga korban. Mereka dikehendaki oleh Allah SWT untuk dipelihara bersama Nabi Ibrahim, semoga bisa menjadi penyemat mahkota kedua ortunya di jannah Allah kelak.

Jadi, jangan katakan “anak saya baik-baik saja” ketika MPASI dini diberlakukan. Ayo para ibu, jangan lelah belajar dan terbuka dengan ilmu, jangan biarkan ada korban lagi yang berjatuhan karena masalah yang dianggap sepele ini. Oke busui?!

#kenapaharusASI ? PERINTAH ALLAH » “Para ibu hendaklah menyusukan anak2nya selama 2th penuh, …. ~ AlBaqoroh [2]:233

#kenapaharusASI ? Azab » “…ternyata ada wanita2 yg putingny digigit ular. Mereka adl wanita yg tdk mau memberikan ASI mereka kepada anak2nya. (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Lihat ash-Shahihah no 3951, dinyatakan shahih oleh asy-Syaikh Muqbil dalam ash-Shahihul Musnad)

Kata Rasul, Kalajengking & ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama 40 musim. (HR. Al-Baihaqi)

#kenapaharusASI ? Pahalanya luar biasa » jika ibu menyusui, setiap tegukan dan hisapan mendapat satu pahala.

#kenapaharusASI ? Pahalanya luar biasa» Jika terjaga sepanjang malam karena melayani bayinya,dapat pahala seperti pahala memerdekakan 70 budak di jalan Allah
Siapa yang dapat pahala segitu gede? Wanita yang memelihara darinya, yang shalihah yang taat kepad suami & tidak ingkari kebaikan suami (HR. Thabarani&IbnuAsakir)

#kenapaharusASI ? Rekomendasi WHO » ASIX 6bln, lnjut ASI & MPASI sehat smpai 2th (World Health Assembly Resolution 54.2, 2001)

Untuk informasi dan wawasan seputar menyusui dan mendidik si kecil, kami mencoba selalu mensajikan yang terbaik untuk Anda di nakibu.com , asi.web.id , dan mpasisehat.com

Salam pejuang ASI! – Fahmi43

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)