Mengatasi Sakit Perut (KOLIK)

Mengatasi Sakit Perut (KOLIK)

Comments Off on Mengatasi Sakit Perut (KOLIK)

Seorang bayi yang sering menangis tanpa alasan yang jelas dikatakan memiliki kolik / sakit perut. Sekitar satu dari lima bayi yang terkena kolik. Tidak ada yang tahu persis apa itu kolik atau apa penyebabnya, tetapi ada banyak teori. Dalam beberapa kasus, hal itu mungkin disebabkan oleh susu sapi atau, ASI pada bayi, akibat sesuatu dalam diet ibu.

Tangisan juga bisa disebabkan oleh ketidaknyamanan dari angin. Namun, dalam banyak kasus, kolik mungkin hanya reaksi bayi yang sensitif untuk semua rangsangan yang diterima siang hari. Sistem saraf yang belum matang menjadi berlebihan dan bayi mengungkapkan ini melalui menangis.

Banyak orang tua kesulitan mengatasi kolik, tetapi penting untuk diingat bahwa kolik dapat berhenti sewaktu-waktu. Coba untuk menenangkan bayi ketika menangis. Jika tangisan bayi berlebihan, jangan ragu untuk konsultasi dokter atau petugas kesehatan.

Apakah itu kolik?

Kolik biasanya dimulai ketika bayi berusia dua sampai empat minggu dan berlangsung sampai empat bulan. Bayi dikatakan memiliki kolik bila:

  • Menangis sepanjang hari
  • Tidak ada penyebab yang jelas

Banyak bayi kolik:

  • Menangis pada waktu yang sama setiap hari, biasanya pada sore hari atau malam
  • Melipat lutut sampai menyentuh dada mereka dan mengepalkan tinju mereka, seeperti sedang kesakitan, dan wajahnya memerah
  • Mengalami kesulitan buang air besar

Sebuah penelitian kecil pada 28 bayi ditemukan bahwa cranial osteopathy mengurangi tangis dan meningkatkan tidur pada bayi kolik.

Pelancar ASI yang sudah terbukti ampuh meningkatkan ASI hingga 900% dalam 24 Jam

Snack MPASI Pertama yang cocok untuk Si Kecil. Bebas MSG, Gula, dan Kaya Protein

DAZZLING post partum corset girdle! BISA LANGSUNG PAKAI MESKIPUN PASCA CAESAR!

Menenangkan Bayi yang Kolik

Mengurangi rangsangan eksternal – mematikan lampu di atas kepala, musik dan televisi. Kemudian coba melakukan semua hal berikut, satu demi satu, atau menggunakan teknik secara terpisah.

  • Membedung bayi dalam selimut tipis atau selendang
  • Simpan bayi dekat sehingga Anda bisa memberikan tekanan lembut pada perut: Taruh bayi sepanjang lengan Anda dengan teknik pegangan kolik
  • Sstt di telinga bayi atau bermain white noise.
  • Mengayun-ayun bayi dalam pelukan Anda.
  • Berikan bayi sesuatu untuk dihisap, seperti jari kelingking atau dummy (dot).

MENGGUNAKAN DUMMY atau dot

Bayi suka mengisap. Anda kadang-kadang dapat menganjurkan bayi untuk mengisap jarinya sendiri atau ibu jari dengan membimbingnya ke mulut mereka. Atau Anda dapat memberikan bayi dummy (dot), yang digunakan secara bijak, berguna jika bayi Anda senang menyedot.

  • Jangan pernah mencelupkan dummy ke dalam gula atau madu.
  • Jangan menggunakan tali atau pita untuk mengikat dot di sekitar leher bayi.
  • Jangan menggunakan dot dalam enam minggu pertama jika Anda sedang menyusui.
  • Jangan memberikan bayi Anda dot setiap kali dia marah (itu akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan).
  • Idealnya, membatasi penggunaan dot saat tidur dan kolik.
  • Cuci dan bersihkan dummies setiap penggunaan.
  • Membuang dot yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Membedung BAYI ANDA

Beberapa bayi lebih memilih untuk dibungkus sehingga lengan dan tangan mereka bebas. Anda akan membutuhkan bahan yang elastis, selimut tipis atau lembaran kain katun sekitar 90cm / 3 kaki persegi.

  1. Simpan kain secara diagonal pada permukaan yang datar dan lipat ke bawah sudut atas sekitar 15cm / 6inch. menempatkan bayi sehingga lehernya terletak di ujung lipatan.
  2. Luruskan lengan bayi di samping, lalu tarik salah satu sisi selimut menutupi lengan dan seluruh tubuh. Diselipkan di bawah bagian belakang di sisi yang berlawanan.
  3. Lipat bagian bawah kain menutupi kaki dan tubuh bayi. Selipkan ke dalam lipatan pertama untuk menguncinya. Luruskan lengan yang bebas, kemudian tarik sisi lain kain di atasnya dan seluruh tubuh bayi, seperti pada langkah 2. Selipkan di bawah belakang di sisi yang berlawanan.

LAYAK UNTUK DICOBA?

Simethicone adalah obat yang umum. Namun, penelitian telah menunjukkan tidak lagi efektif dibanding plasebo. Berikut ini terbukti membantu beberapa bayi dengan kolik, sehingga mungkin patut mencoba dengan bayi Anda.

  • Jika Anda menggunakan SUFOR dan berpikir bayi Anda mungkin alergi terhadap susu formula, tanyakan kepada dokter Anda tentang menggunakan formula hypoallergenic.
  • Jika Anda sedang menyusui, perhatikan apa yang Anda makan dan lihat apakah makanan tertentu tampaknya membuat bayi Anda menjadi kolik. Teh, kopi, dan cola, produk susu, alkohol, makanan pedas, buah jeruk, bawang, bawang putih, kubis, brokoli, dan kembang kol semua mungkin memiliki efek. Jika Anda melihat tanda-tandanya, hindari makanan itu selama beberapa hari untuk melihat apakah bayi Anda tidak menangis lagi. Jika Anda menghindari produk susu, pastikan Anda mendapatkan cukup kalsium dari sumber makanan lain atau suplemen.
  • Pertimbangkan membawa bayi Anda ke cranial osteopathy untuk pengobatan. Terkadang tekanan saat pengantaran dapat menyebabkan kesalahan posisi, tulang pipih dari tengkorak bergabung bersama, menyebabkan sakit kepala dan penderitaan. Seorang cranial osteopathy akan menggerakkan tulang dengan lembut untuk mengurangi tekanan apapun, dan ini kadang-kadang dapat memiliki efek ajaib pada bayi yang sebelumnya kolik.
  • Untuk mencegah masuk angin dan membantu meredakan, makan dalam posisi tegak dan pastikan Anda bersendawa setelah setiap makan. Jika Anda sedang menyusui, temui seorang ahli untuk berkonsultasi mengenai teknik Anda. Jika sufor, cobalah menggunakan dot dengan lubang yang lebih besar; jika mereka terlalu kecil, bayi Anda mungkin lebih banyak menelan udara daripada susu.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)