Misteri Kolik pada Bayi

Misteri Kolik pada Bayi

Comments Off on Misteri Kolik pada Bayi

Kolik adalah situasi saat bayi yang dalam kondisi sehat sering menangis secara berlebihan. Sampai saat ini tidak seorang pun tahu apa yang sebenarnya terjadi, tetapi setiap orang punya pendapat. Dalam situasi tertentu, bayi mulai seringkali menangis sekitar dua sampai tiga minggu setelah lahir. Ini terjadi terutama di malam hari, dan akhirnya berhenti. Saat bayi berusia kurang dari 5 bulan hal ini sering terjadi. Ketika bayi menangis, ia sulit sekali ditenangkan, meskipun digendong, ditimang atau diajak jalan-jalan, tapi hanya sementara.

Tidak ada pengobatan khusus untuk kolik, tetapi tak ada salahnya kita mencoba cara/ strategi tampaknya berfungsi baik, setidaknya untuk sementara.

  • Posisikan bayi dengan tepat saat bunda memberikan ASI

Posisikan dengan tegak agar lebih lancar masuk ke dalam perut bayi. Jika bayi mempunyai kebiasaan meringkuk atau membungkuk ini akan bisa menyebabkan banyak udara dan hawa di dalam perutnya yang bercampur makanan.

  • Jaga kebersihan botol dan periksa lubang botol

Sang bunda harus memperhatikan betul lubang botol sang bayi pastikan saat minum susu tidak terlalu banyak hawa yang masuk dari botol ke dalam mulut bayi caranya dengan memiringkan botol susu bayi Anda secara perlahan. Puting pada botol harus mempunyai lubang yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jika terlalu kecil bisa menyebabkan bayi meyedot botol tidak mendapatkan banyak susu tetapi justru banyak udara yang di hirup dari mulut. Jika terlalu besar bisa menyebabkan susu menyembur terlalu cepat dan menyebabkan bayi tersedak.

  • Jangan memberikan makan pada saat si kecil menangis

Jangan memberikan makanan dalam bentuk apapun,tunggu hingga nangisnya mereda, baru beri ASI  dan MPASI agar bayi tidak kelaparan lagi, ia tenang dan tidak rewel, karena bila memberikan makan saat ia menangis hal ini akan mengakibatkan maka akan menyebabkan kemungkinan lebih banyak hawa yang akan masuk kedalam perut bayi Yang tidak kalah penting berikan ASI pada kamar yang tenang dan tidak berisik bahkan bisa mencoba matikan lampu.

  • Buatlah si kecil bersendawa

Hal ini dapat dilakukan saat makan karena dapat membantu bayi mengeluarkan gelembung dalam perutnya, cobalah membimbing bayi anda untuk bersendawa, jangan menunggu saat bayi anda sudah kenyang baru bersendawa.

Anda bisa merubah beberapa posisi saat bayi anda minum ASI agar bayi Anda bisa bersendawa dengan sendirinya, secara perlahan sehingga bayi anda tetap merasa nyaman.

  • Mengatur pola makan anda

Hindari sementara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas seperti keju atau yoghurt, karena dapat mempengaruhi terhadap ASI yang anda hasilkan. Cobalah hal itu  selama seminggu dan tunggu ada perubahan atau tidak.

  • Membuat obat alami

Anda dapat mencoba menyeduh teh herbal atau bahkan adas. Seduhan ini dapat memberikan kondisi yang lebih baik dan nyaman bagi bayi lewat ASI atau dapat berkonsultasi dengan pakar herbalis untuk dosis yang lebih tepat. Ada juga riset yang menyatakan dan membenarkan bahwa tetes pobiotik bisa menolong dan mengurangi bayi dari derita kolik. Lactobacillus reuteris yaitu probiotik yang sudah dipelajari untuk pertolongan kolik pada bayi. Jika Anda ragu, bisa berkonsultasi dengan Dokter bayi Anda.

  • Pijat si kecil

Hal ini dilakukan dengan menggosok perut bayi dengan lembut bisa menolong menyingkirkan gas atau setidaknya perutnya akan terasa menjadi lebih baik atau dapat mecoba meletakkan bayi di lutut anda dengan di berikan alas, posisi perut di bawah dan anda bisa menyeka punggungnya dengan lembut, usahakan bayi pada kondisi yang tetap nyaman

  • Cari suasana baru yang lebih nyaman

Ajaklah sikecil jalan-jalan baik di kereta dorong atau menggunakan gendongan sling atau paket depan, pastikan ia pada posisi yang hangat, Pemandangan baru, nada serta bau bisa mengalihkan perhatiannya serta hawa fresh serta gerakan memiliki irama jalan bisa menenangkannya serta sangat mungkin dia untuk tidur. Tetapi jangan terlalu berlebihan karena tidak bagus juga untuk bayi.

  • Harumkan lingkungan sekitar bayi

Dengan cara ini sebagian bayi dapat merespon dengan baik karena aroma. Aromatherapists meningkatkan formula minyak esensial dan Anda bisa mencobanya agar bayi bisa sangat tenang dan tidak terlalu gelisah dan terus menangis, tetap tak boleh berlebihan karena tidak baik untuk bayi.

  • Mandikan bayi anda

Lakukan hal ini dengan hati-hati dan gunakan air hangat saat bayi mengalami kolik bisa mengalihkan perhatian serta bayi akan lebih rileks. Air yang hangat juga bisa membantu bayi Anda lebih nyaman dan merasa lebih baik.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)