Nutrisi Seimbang itu Penentu Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Nutrisi Seimbang itu Penentu Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Comments Off on Nutrisi Seimbang itu Penentu Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Usia batita adalah usia bereksplorasi, banyak aktifitas menggemaskan yang ia lakukan, aktif dengan rasa ingin taunya yang besar membuat ia melakukan hal-hal yang dapat menarik perhatiannya.

Tentu, kita harus mendukung si batita dalam bereksplorasi karena dari eksplorasi inilah si batita banyak belajar yang berarti mengasah kecerdasannya juga. Ikut mengawasi aktifitas positif sebagai pertanda tumbuh kembang anak seperti memberikan batasan-batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh si kecil dengan bahasa sederhana sesuai dengan daya tangkap usia batita.

Seiring dengan tumbuh kembang si kecil, ia juga memerlukan asupan nutrisi sebagai kebutuhannya untuk bereksplorasi. Untuk melakukan aktifitas positifnya ia memerlukan tenaga, jangan biarkan anak terlalu asik bermain sehingga jadwal makannya tidak teratur, dengan begini asupan nutrisinya bisa jadi tidak terpenuhi.

Nutrisi seimbang adalah semua zat nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah cukup dari sumber yang bervariasi pada waktu yang tepat sehingga anak memiliki tumbuh kembang optimal dan terhindar dari resiko kekurangan atau kelebihan nutrisi.

Untuk memenuhi nutrisi seimbang si kecil, ini 3 cara jitu yang bisa Mam n Pap lakukan:

  1. Sesuaikan Porsi Makan Si kecil

Perhatikan porsi makan yang diberikan ke anak dalam satu kali pemberian makan agar sesuai kemampuan anak untuk menghabiskannya. Bila mengacu pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) rata-rata yang dianjurkan per orang per hari, anak usia setahun hingga batita dengan BB (Berat Badan) 12 kg, TB (Tinggi Badan) 90 cm membutuhkan 1.000 Kal energi dan 25 g protein.

  1. Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi Si kecil

Makanan yang dikonsumsi si kecil haruslah mengandung gizi dan nutrisi. Makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral. Makanan yang dikonsumsi anak harus beragam dan bervariasi agar terpenuhi kebutuhan akan berbagai zat nutrisi, selain juga menghindarkan anak dari rasa bosan menyantap sajian menu yang sama setiap harinya. Agar si kecil tidak bosan dengan makanannya bunda bisa kasih Snack Mpasi Rufani, Snack yang bisa sekaligus jadi lauk mpasi si kecil.

Anak usia diatas 1 tahun rentan mengalami kekurangan asupan zat besi dan kalsium, padahal kedua zat nutrisi ini sangat penting. Kecukupan zat besi menghindarkan anak dari anemia, sementara kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kalsium tidak hanya bisa didapat dari segelas susu, kalsium juga bisa didapat dari ikan laut, salah satu yang paling baik kandungan kalsiumnya adalah ikan teri. iyaps! teri memang sangat berguna untuk tumbuh kembang si kecil, termasuk juga bagus untuk perkembangan otaknya. Teri pilihan dengan kalsium yang begitu tinggi ini pun di olah dan di jadikan Rufani snack sedimikian rupa sehingga bisa menjadi snack favorit MPASI si kecil yang aman, tanpa gula, tanpa MSG, serta bernutrisi dan bergizi tinggi. Tak hanya memiliki kandungan kalsium, rufani snack juga mengandung protein 10,3 gr / 100 gr, Fosfor 253 mg / 100 gr, Zat besi 3,9 mg / 100 gr, Vitamin A 43 IU / 100 gr, Vitamin B1 0,24 mg / 100 gr, Lemak 1.4 gr / 100 gr.

 

  1. Atur Jadwal Makan Si kecil

Usahakan makan dengan jadwal yang teratur adapun bergeser jangan sampai lewat 10-15 menit karena itu akan mengacaukan jadwal makannya. Makan teratur dengan makan utama 3 kali makan utama (pagi, siang, sore) dan 2-3 kali makan camilan diantara waktu makan pagi dan siang. Camilan sehat Rufani Snack Mpasi patut anda coba untuk si kecil, camilan menyehatkan dari ikan teri yang diolah dengan teknologi tinggi aman dan cocok untuk teman nyemil si kecil. Ditambah 2 kali minum susu sebelum tidur di pagi dan malam hari.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang membahas tentang nutrisi seimbang yang dibutuhkan batita, di usia 1-3 tahun si kecil sedang dalam tahap pertumbuhan pesat ia membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar tumbuh kembangnya optimal, sebagai orang tua tentunya kita ingin yang terbaik untuk buah hati kita.

Jangan lewatkan satu moment pun, saat menyaksikan tumbuh kembang si kecil.

 

Info seputar ASI dan menyusui bisa googling langsung ke www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)