Tips Jitu Memandikan Bayi Tanpa Rewel dan Nangis

Tips Jitu Memandikan Bayi Tanpa Rewel dan Nangis

Comments Off on Tips Jitu Memandikan Bayi Tanpa Rewel dan Nangis
memandikan bayi

Tips Memandikan Bayi

Memiliki seorang bayi adalah anugrah terindah yang diamanati oleh Allah SWT kepada Mam N Pap. Banyak suka cita momen bahagia yang kita lewati bersama malaikat kecil kita. Merawat malaikat kecil yang menggemaskan itu tak susah juga tak gampang, semua momen melelahkan akan terbayar dengan aksi lucunya. Pengalaman pertama kali dalam merawat bayi menjadi momen terindah yang dirasa khususnya untuk para Mam salah satunya saat menjadi Mam baru yang memandikan anak pertamanya. Pengalaman yang tak banyak dan baru pertama kali untuk melakukannya membuat hal ini menjadi sesuatu yang mendebarkan sekaligus membuat para mam juga bingung.

Takut salah atau bahkan ragu untuk melakukannya, bayi yang menangis histeris ketika mandi membuat kebanyakan Mam panik, bingung serta diselimuti oleh rasa takut. Mam sering berpikir apakah bayi yang rewel ketika mandi adalah kesalahan dari Mam yang dengan tidak sengaja menyakiti bayi saat mandi? atau itu adalah hal yang wajar?

Untuk menghindari tangisan histeris dari sikecil saat mandi. Kuy pelajari nih ada tips jitu alias cara kiat memandikan bayi agar tidak rewel saat mandi:

  1. Lakukan Secara Bertahap, Jangan Memaksa

Bayi yang rewel menjerit histeris saat mandi, jangan paksa dia untuk melanjutkan mandinya, jangan abaikan rengekannya,  segera letakkan kembali bayi di kasur dan cobalah bertahap untuk mengenalkan dia pada air dengan cara mengelap tubuhnya secara perlahan dan lembut, cobalah hal ini beberapa hari setelah ia lebih terbiasa terkena air baru anda boleh coba secara perlahan untuk memandikannya di bak plastik yang khusus bayi.

  1. Pasang Ekspresi Tenang

Jangan panik dan tegang saat bayi histeris menangis sewaktu dimandikan, hal ini dilakukan untuk meyakinkan bayi anda agar tetap tenang dan merasa aman, tunjukkan ekspresi yang ceria sambil mengajaknya bermain dan buat suasana menjadi menyenangkan.

  1. Mandi Bareng Bayi

Untuk menyakinkan bayi bahwa mandi didalam bak plastik yang diisi air dengan gelembung dan busa sabun adalah hal yang aman dan menyenangkan tidak ada salahnya jika Mam juga ikut mandi bersamanya, buat momen mandinya menjadi permainan yang mengasyikkan bersama Mam.

  1. Buatkan Permainan

Buat suasana mandi sikecil menjadi menyenangkan sehingga ia lupa dengan rewel dan tangisan histerisnya. Buat berbagai permainan kreatif seperti menyediakan berbagai mainan lucu yang mengambang di bak mandi si kecil berbentuk bebek yang sedang baris berenang, mainan dengan corak warna yang mencolok atau ajak si kakak untuk ikut mandi karena dengan adanya teman seusianya, bayi akan lebih merasa aman dan nyaman.

  1. Sesuaikan Mood Bayi

Perhatikan saat mood bayi terlihat baik, maka mandikan ia pada saat itu untuk mengurangi histeris yang akan terjadi pada saat si kecil mandi. Tak perlu seperti jadwal orang dewasa mandi yaitu 2x sehari pagi dan malam, bayi tidak terlalu banyak berkeringat dan tidak banyak pula debu dan kotoran yang menempel di tubuh mereka cukup sesuaikan dengan mood mereka, contoh bila ia rewel mandi di pagi hari dan lebih nyaman mandi di sore hari cukup anda mandikan bayi disore hari,  dipagi harinya cukup mengelap tubuhnya, mengoleskan minyak dan bedak serta mengganti bajunya dengan yang baru agar bayi merasa lebih segar.

  1. Cek Kembali Suhu Air di Bak Mandi Bayi

Periksa air sebelum bayi anda masuk ke dalam bak mandi, periksa dengan mencelupkan sikut bunda ke bak mandi. Kenapa sikut? karena sikut adalah bagian yang paling sensitif dibandingkan dengan bagian tangan lainnya. Jangan mandikan bayi di air yang terlalu panas atau terlalu dingin, lakukan metode air dingin terlebih dahulu yang dimasukkan baru air panas, cek beberapa kali sebelum bayi anda masuk kedalam bak mandi.

 

Demikian tips jitu alias cara kiat memandikan bayi tanpa rewel dan nangis, Mandi dilakukan untuk membersihkan dan membuat tubuh bayi lebih relaks, tidak hanya bayi, bunda juga butuh relaksasi dengan waktu tea time yang berkualitas, temani tea time bunda dengan ASI booster tea. Selain waktu santai ngeteh seru juga dapat membantu bunda untuk melimpahkan ASI hingga 900%. Minuman pelancar asi yang telah menemani jutaan ibu menyusui dengan kandungan herbalnya yang diyakini dapat membantu memperlancar ASI.

 

Info lengkap seputar ASI dan Ibu Menyusui, Kuy!!! Liat di www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)