Tips Jitu Menyapih Yang Ampuh

Tips Jitu Menyapih Yang Ampuh

Comments Off on Tips Jitu Menyapih Yang Ampuh

Menyusui adalah momen terindah seorang ibu, dimana saat-saat itu kedekatan antara ibu dan bayi sangat erat, kesadaran setiap ibu akan pentingnya ASI dan menyusui membuat semangat tersendiri untuk terus memberikan yang terbaik untuk buah cintanya.

Tak terasa momen indah itu hanya untuk beberapa saat saja, ketika si kecil masih bayi cara mereka memenuhi asupan gizi dan nutrisi hanya melalui ASI, saat sudah cukup usia, bayi akan mengalami perubahan dalam mendapatkan asupan nutrisi dan gizi, salah satunya dengan menggantikan ASI dan beralih ke makanan lain. Salah satu cara menghentikan ASI untuk bayi yang sudah cukup usia sering kita kenal dengan sebutan menyapih.

Menyapih ialah suatu cara menghentikan bayi menyusu langsung dari payudara ibu, sebab usia bayi telah memungkinkan tubuhnya untuk menerima asupan nutrisi dari makanan lain yang bergizi.

Bila, anda sering mendengar cara menyapih dengan mengoleskan jamu brotowali atau kopi disekitar daerah puting sehingga bayi tidak mau menyusu, cara itu jelas salah,  karena secara tidak langsung kita menyakiti bayi dan melakukan kekerasan padanya karena kita merampas hak bayi secara langsung.

Berikut tips menyapih jitu nan ampuh yang dapat bunda lakukan :
1.  Lakukan pelan, tepat dan bertahap

Lakukan menyapih secara perlahan dan bertahap dengan mengurangi frekuensi menyusu dengan begini produksi ASI akan berkurang secara bertahap, hal ini juga dapat menguragni resiko payudara nyeri dan bengkak. Misal jatah menyusu sehari 6x, maka saat menyapih anda bisa menguranginya secara bertahap hingga setengah waktu menyusunya, lakukan menyapih pada siang hari dan menggantikannya dengan makanan padat, tetapi tetap menyusui dimalam hari.

  1. Jangan membiasaan tidur dengan menyusu
    Buat si kecil merasa nyaman hingga ia bisa tertidur walau tidak sambil menyusu, bisa ibu ganti dengan hal-hal yang menyenangkan lainnya seperti menggoyangkan pelan di ayunan, menceritakan dongeng, memeluk atau membelainya.
  2. Pilih media yang berbeda
    Kebiasaan menyusu bayi melalui payudara secara langsung, perlahan mulailah sediakan pilihan untuk menggantikannya seperti botol susu, cangkir, gelas biasa atau sippy cup. sediakan beberapa pilihan dan perhatikan mana yang lebih ia sukai, dengan begini ibu bisa menyajikan susu dengan kemasan yang disukainya, tetapi jangan sering atau membuat bayi tergantung oleh botol karena itu akan merusak kesehatan gigi bayi

4. Beri sebelum bayi lapar atau haus
Tawarkan dan beri ia makan serta minum sebelum bayi merasa lapar dan haus, karena ketika bayi merasa lapar atau haus ia akan teringat pada menyusu dan tergesa ingin bersama dengan ibunya untuk meminta menyusu, sebaiknya antisipasi kondisi ini.

Yaps! Jadi, itu semua cara kiat yang dapat ibu terapkan untuk menyapih si kecil tanpa harus merampas haknya secara langsung,  hak bayi yaitu ASI 2 tahun harus tetap kita berikan, berikan yang terbaik dengan menjaga produksi ASI agar tetap bancar (banyak dan lancar) dengan mengonsumsi makanan minuman yang sehat bergizi dan bantu lancar ASI dengan ASI booster tea, setelah usia bayi cukup ASI dan tiba waktu untuk menyapihnya lakukan dan berikan cara dan langkah yang terbaik dan tepat pula untuk buah cinta mam n dad.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)